CLOSE
CLOSE
agungjaka
nugraha.com

Memaksimalkan WhatsApp Bussiness untuk Bisnis Online ditengah Pandemic COVID-19

Memaksimalkan WhatsApp Bussiness untuk Bisnis Online ditengah Pandemic COVID-19

Memaksimalkan WA Bussiness

Cara memaksimalkan WA Bussiness untuk bisnis Online ditengah wabah Pandemic COVID-19

Cara memaksimalkan WA untuk bisnis Online ditengah wabah Pancemic COVID-19. Seperti yang kita tahu bahwa mulai akhir 2019 wabah Corona Virus atau yang lebih kita kenal dengan COVID-19 telah menjangkit ratusan negara di dunia. Banyak diantaranya negara-negara tersebut yang kewalahan dalam menghadapi wabah ini.

Banyak juga strategi masing -masing negara untuk mengamankan warganya dari virus yang mematikan orang mencapai 97 ribu jiwa diseluruh dunia. Diantaranya adalah strategi LOCKDOWN. Namun, jelas strategi tersebut perlu ditunjang dengan beberapa kebijakan pemerintah, seperti penyediaan barang kebutuhan hidup sehari-hari yang disuplaikan ke warga masyarakat pada saat kebijakan lockdown dilakukan. Mengapa demikian? Karena kebijakan tersebut menuntut masyarakat untuk berada dirumah saja untuk memutus rantai penyebaran wabah tersebut. Jadi masyarakat tidak boleh kemana-mana.

Beruntung Indonesia berada di lokasi dengan iklim tropis dimana sinar matahari masih bisa dijangkau setiap harinya, sehingga bisa memperlambat penyebaran virus walaupun tidak akan maksimal jika tidak ditunjang peran serta masyarakat dalam penanganannya. Sehingga pemerintah tidak sampai mengeluarkan kebijakan Lockdown untuk Indonesia.

Namun ada langkah lain yang ditempuh pemerintah dalam melindungi semua warganya dari wabah pandemic ini yaitu dengan menerapkan kebijakan sosial distancing atau phisical distancing. Yaitu pembatasan sosial antar warganya. Bagaimana penjelasannya, silakan browsing saja di google.com, karena yang akan saya bahas disini bukan itu. Selain itu pemerintah juga menggalakkan gerakan #dirumahAja.

Oleh karena kebijakan diatas, banyak sekali bisnis perekonomian yang gulung tikar. Apalagi yang bergerak didunia usaha pariwisata, seperti hotel, jasa travel dan lain-lain. Banyak diantara para pengusaha tersebut mencoba membuka bisnis baru dibidang perdagangan / jual beli online. Untuk dapat menunjangnya maka perlu adanya aplikasi yang bisa direct antara penjual dan pembeli. Diantaranya adalah Whatsapp.

Aplikasi yang telah diakuisi oleh facebook ini hampir dipunyai oleh setiap orang yang mempunyai smartphone. Selain penggunaannya yang tidak terlalu ribet, aplikasi ini juga secara otomatis mencantumkan nomor telepon pengguna. Nah, dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba membagikan trik WA sebagai senjata utama untuk kita melakukan bisnis online. Kami sarankan anda menggunakan WA Bussiness karena terdapat fitur tambahan didalamnya yang bisa menunjang bisnis anda.

Bagaimana caranya? Yuk ikuti tutorial berikut!

Cara memaksimalkan WA Bussiness untuk bisnis Online ditengah wabah Pandemic COVID-19

Ada beberapa trik atau fitur yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan aplikasi WA kita antara lain :

Click to Chat

Click to chat adalah trik dengan cara menebar / menyematkan link di social media, bisa lewat facebook, facebook page, twitter atau di blog kita agar pelanggan bisa langsung mengobrol / chatting dengan kita.
Ada 2 cara, yang pertama dengan menggunakan link default, dan yang ke 2 dengan menambahkan format pesan.

1. Dengan menggunakan link default

Adapun caranya adalah dengan menyematkan link default sebagai berikut
https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP
Keterangan :
KodeNegaraDanNomorHP diisi (kode negara)(nomerHP). Contoh : https://wa.me/6281234567890

2. Dengan menambahkan format pemesanan

Jika kita ingin menambahkan kata-kata yang lain, contohnya seperti ini
Halo, saya ingin order masker kain, berikut saya sertakan data pribadi :
Nama :
Alamat :
Jumlah yang dipesan :
Maka anda bisa mengubah formatnya menjadi html dengan memanfaatkan alamat situs https://www.urlencoder.io/. Tujuan dari metode ini adalah agar pelanggan merasa dimudahkan untuk mengisi format pesan jika ingin order.
1. Langkah pertama silakan Gunakan link defaultnya seperti berikut
https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP?text=TeksYangMauDitambahkan
2. Kemudian teks warna merah diatas diubah menjadi format yang diinginkan dengan cara berikut.
  1. Buka site https://www.urlencoder.io/
  2. Ketikkan format yang anda inginkan (contohnya seperti diatas)
  3. Nanti akan ada hasil dari pemformatan tersebut yang muncul disebelah bawah kolom. Silakan copy lalu pastekan menggantikan teks warna merah diatas! Jadi linknya nanti akan seperti ini
https://wa.me/6281234567890?text=Halo%2C%20saya%20ingin%20order%20masker%20kain%2C%20berikut%20saya%20sertakan%20data%20pribadi%20%3A%0ANama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0AJumlah%20yang%20dipesan%20%3A
Memaksimalkan WA Bussiness

Fast Respon dengan Automated Messages

Pada aplikasi Whatsapp Bussiness terdapat fitur yang sangat berguna ketika kita tidak dekat dengan handphone atau ketika sinyal sedang lemot. Fitur ini adalah Automated Messages yaitu pesan machine yang secara otomatis menjawab pesan dari klien kita, ketika kita belum sempat membuka atau jauh dari handphone. Sehingga pelanggan merasa lega karena pesannya sudah dibalas, walaupun itu hanya mesin.

Pesan ini bisa kita persiapkan di Whatsapp Bussiness dengan cara :
1. Buka setelan ==> setelan bisnis ==> Pesan di luar jam kerja
2. Silakan aktifkan Kirim pesan di luar jam kerja, kemudian edit kata-kata seperti Anda inginkan.

Profil Bisnis



Anda juga dapat mengoptimalkan fitur profil bisnis untuk menambah kepercayaan pelanggan.
Silakan diisi dengan cara :
1. Buka setelan ==> setelan bisnis ==> Profil Bisnis
2. Silakan isi format disana sesuaika dengan bisnis Anda.

Katalog

Memaksimalkan WA Bussiness

Katalog adalah salah satu sarana untuk mempromosikan barang dagangan kita kepada konsumen. Tanpa adanya katalog, pastinya konsumen akan bertanya-tanya barang apa saja yang disediakan oleh kita sebagai penjual. Di WA Bussiness juga tersedia fitur Katalog yang dapat membantu kita dalam promosi.

Caranya mengeditnya adalah sebagai berikut.
1. Buka setelan ==> setelan bisnis ==> Katalog
2. Silakan masukkan foto beserta keterangan barang dagangan anda disana.

Balas Cepat

Adalagi fitur yang sangat bermanfaat, yaitu fitur balas cepat. Dengan fitur ini kita bisa membuat template jawaban yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Seperti contohnya, cara pembelian, spesifikasi produk, dan lain-lain.

Cara mengeditnya adalah sebagai berikut : 
1. Buka setelan ==> setelan bisnis ==> Balas Cepat
2. Silakan klik tanda + disebelah pojok kanan bawah
3. Masukkan pesan yang dibuat template, bisa berupa teks atau gambar. Misalnya : "Untuk pembayaran silakan transfer ke rekening xxx"
4. Lalu klik pintasan dibawahnya, isikan huruf atau kata yang mudah dihafal oleh Anda. Misal untuk pesan diatas saya buat /rek. Maka, nantinya setiap anda chat dengan pelanggan dan mengetikkan /rek, maka akan muncul template yang telah Anda buat. Jadi tidak usah capek-capek mengetik lagi

Sebenarnya masih banyak fitur yang ada di WA bussiness yang ingin saya bagikan, tetapi karena jari saya sudah capek, mungkin lain kali akan saya sambung lagi, hehehehe.... Namun jangan  khawatir, fitur-fitur diatas sudah cukup untuk memaksimalkan WA Bussiness anda untuk digunakan bisnis online.

Demikian informasi tentang Memaksimalkan WhatsApp Bussiness untuk Bisnis Online, semoga bermanfaat.
Terima kasih sudah membaca postingan Agung Jaka Nugraha. Wassalam

Cara memaksimalkan WA Bussiness untuk bisnis Online ditengah wabah Pandemic COVID-19