thumbnail
tutorial

Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting

Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting

Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting

Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting. Cara ini juga bisa dipakai untuk menyelamatkan file ketika kita terlanjur menghapus windows ketika menginstall. Seperti yang pernah saya alami ketika membantu salah satu teman saya untuk menginstall windows 10 pada laptopnya dengan merk ACER.

Kejadian tersebut sebenarnya sempat membuat saya kaget, karena kejadian itu diluar perkiraan saya. Yaitu ketika data penting sudah saya pindahkan ke drive selain C, kemudian ketika saya akan menginstal pada langkah pemilihan drive untuk penginstalan windows saya memilih C dengan memformatnya.

Setelah pemformatan selesai ternyata windows memberikan peringatan "Windows Cannot Be Installed To Disk 0 Partition 1" sedangkan drive sudah saya format. Wadduuhh!!!.. kataku dalam hati sambil pegang jidat. Sialan!! Ini berarti otomatis saya harus melakukan partisi menyeluruh, dengan kata lain file-file yang sudah saya back-up ke drive selain C juga akan ikut hilang bersamanya.
Mengapa bisa terjadi begitu? Silakan di baca di postingan saya Cara mengatasi Windows Cannot Be Installed To Disk 0 Partition 1.

Tapi setelah diam sebentar dan menenangkan hati, hahahhaha... akhirnya saya teringat, bukankah masih ada ms-DOS yang bisa dibuka? Lalu pikiran saya tertuju ke bagaimana jika saya pindahkan file dengan notepad? Hmm.. layak dicoba, nih.. hihihihii...

Mau tahu caranya? Simak tutorialnya dibawah ini!. Lets check it out!

Lihat Juga :


Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting

Pertama-tama siapkan dulu bahannya. yaitu DVD Windows Installer atau pakai booting USB juga bisa. Untuk cara booting dengan USB bisa kamu cari di pakdhe google dengan keyword membuat windows installer menggunakan Rufus. Selain itu juga persiapkan USB kosong sebagai tempat penyimpanan file yang akan dipindahkan nantinya.

Kalau bahan sudah siap tinggal melakukan eksekusi hahahahhaha...
1. Silakan masukkan DVD windows installer atau colok booting windows USB, kemudian setelah booting silakan setting BIOS dengan pilihan pertama DVD atau USB.
2. Setelah windows installer berjalan silakan pencet tombol Shift+F10, maka akan muncul jendela command promt.
3. Ketik saja"notepad" lalu enter, lalu muncul notepad pada layar.
Cara BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting

4. Dari notepad klik Open, maka akan muncul jendela Open, lalu lihat bagian bawah jendela dari *txt file ganti menjadi All files. Maka akan muncul semua file selain file berekstensi *txt. Disini kita bisa melakukan operasi copy paste file yang akan diamankan.
Cara BackUp File ketika Windows Tidak Booting

Cara BackUp File ketika Windows Tidak Bisa Booting

Cara BackUp File dengan command prompt


5. Selanjutnya terserah anda, hehehehhe..

Nb. Dilarang keras mengklik double file apapun, atau konsekwensinya nanti terjadi freeze alias jadi patung dan tidak bisa melakukan apa-apa. Kamu hanya boleh melakukan copy-paste saja, OK,bro??!

Kalaupun hal diatas terjadi maka silakan menuju jendela command promt lagi lalu ketik "taskmgr" kemudian pilih Notepad klik "End Task" pada bagian bawah jendela. Ulangi lagi dari langkah 3.

OK, saya rasa sudah cukup berbagi pengalaman Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting dari saya, semoga bermanfaat buat kamu. Terima kasih telah membaca postingan Agung Jaka Nugraha, Wassalam

Cara mudah BackUp File ketika Windows Tidak Mau Booting