thumbnail
informasi

Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis

Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis

Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis. Perangkat Android sudah menjadi bagian dari hidup manusia modern. Berbagai macam produk setiap tahunnya dikeluarkan oleh produsen dengan berbagai macam aplikasi didalamnya yang dapat menunjang dan mendukung aktivitas kita sehari-hari.

Terkadang aplikasi-aplikasi tersebut seringkali membuat umur baterai android cepat habis. Itu hanyalah satu hal saja yang mempengaruhi. Ada beberapa hal yang akan kami rangkum dalam postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis

Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis

Beberapa hal yang menjadi alasan mengapa baterai android cepat habis adalah sebagai berikut.

Penggunaan Wallpaper yang Terang

Disaat memeriksa jam, pesan SMS, WA atau panggilan tidak terjawab, Anda selalu melihat layar utama telepon Anda. Wallpaper dengan warna terang dan mencolok di layar utama ponsel benar-benar bisa "memakan baterai". Makanya lebih baik menggunakan wallpaper hitam putih . Ini akan membantu menghemat baterai android.

Penetapan waktu tunggu tampilan layar

Pengaturan waktu tunggu tampilan layar secara defaut adalah 30 detik dihitung dari waktu delay menggunakan smartphone. Cobalah untuk mengatur layar dengan menggunakan waktu terpendek yang tersedia, biasanya 15 detik dengan begitu umur baterai akan lebih lama.

Pengaktifan WiFi, Bluetooth, dan GPS

Terkadang seseorang lupa menonaktifkan WiFi, Bluetooth, dan GPS disaat mereka selesai menggunakan. Padahal hal tersebut bisa memakan memori dan memperpendek umur baterai.

Sebenarnya sah-sah saja jika kita menyalakan layanan data dengan alasan kecepatan informasi, namun jika hal tersebut tidak perlu maka lebih baik kita matikan. Seperti contoh saat rapat, atau ketika kita berada di daerah yang sulit mendapatkan jaringan telepon atau data seluler.

Selalu membawa Smartphone di tangan

Cobalah untuk tidak selalu membawa ponsel Anda ke tangan Anda saat cuaca panas. Karena ketika suhu naik, maka smartphone juga ikut panas. Selain itu, suhu tubuh juga ikut naik melalui tangan kita. Hal tersebut akan membawa lebih banyak kesempatan baterai ponsel terlalu panas dan sebagai akibatnya, baterai akan kehabisan tenaga.

Pengaktifan layar auto totate

Silakan anda matikan fungsi Auto-rotate kecuali jika memang benar-benar diperlukan. Sensor khusus - accelerometer - akan aktif ketika anda mengaktifkan fungsi ini, dan hal tersebut tentu saja mengkonsumsi lebih banyak energi untuk baterai smartphone anda.

Penggunaan Mode Getar

Biasanya kita menggunakan mode getar ketika sedang dalam keadaan sedang tidak ingin diganggu. Sebenarnya boleh-boleh saja, namun terkadang orang lupa menonaktifkannya. Tentu saja hal ini juga memperpendek tenaga baterai. Jika memungkinkan silakan gunakan saja Mode Senyap atau Mode Suara.

Memaksimalkan Kecerahan Layar

Terkadang disaat kita berada diluar ruangan yang terang, ketika melihat smartphone akan silau. maka kita harus menggunakan pengaturan kecerahan layar dengan diatur lebih terang dari biasanya. Hal tersebut juga bisa mengurangi tenaga baterai.

Solusinya adalah saat berada di gedung, cobalah untuk menurunkan kecerahan layar Anda setidaknya sebesar 30-40%. Jumlah cahaya ini biasanya lebih dari cukup untuk melihat semua informasi di layar. Selain itu, ini akan membantu memperpanjang umur baterai Anda secara dramatis.

Saat berada di luar ruangan, jangan gunakan tingkat kecerahan maksimal. Sebaiknya gunakan fungsi auto-brightness untuk membantu Anda melihat layar ponsel meski di bawah sinar matahari. Ditambah dengan pengaturan waktu tunggu tampilan diatur selama 15 detik.

Tidak menutup aplikasi dengan sempurna

Yang dimaksud dengan tidak menutup aplikasi disini adalah, ketika kita selesai membuka aplikasi seperti WA, instagram atau facebook terkadang kita hanya memencet tombol home. Dan buruknya lagi kita menganggap aplikasi tersebut sudah tertutup secara sempurna, padahal tidak.

Pada saat kita hanya memencet tombol home, sebenarnya yang terjadi adalah program tetap berjalan dan mengonsumsi baterai saat beroperasi di latar belakang. Jadi ingatlah untuk menutup semua jendela dari waktu ke waktu. Biasanya pada smartphone samsung dengan cara memencet tombol dobel kotak 😆 (gak tau namanya, biasanya berada disebelah kiri bawah layar) lalu menggeser aplikasi yang sedang berjalan ke samping.

Demikian informasi tentang Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis semoga bermanfaat.

Alasan Mengapa Baterai Android Cepat Habis