thumbnail
informasi pendidikan

6 Alasan Utama Penyebab Android Lemot dan cara mengatasinya

Alasan Penyebab Android Lemot dan cara mengatasinya

Penyebab Android Lemot dan cara mengatasinya

Alasan Penyebab Android Lemot. Pernahkan sobat merasakan smartphone kita terasa sangat lamban atau lama loadingnya? Saya kira itu hal wajar dan pasti dialami oleh semua smartphone yang sudah lama dibeli. Suatu contoh misalkan sobat membeli smartphone tahun kemarin, lalu tiba-tiba saja hari ini entah kemarin loadingnya terasa sangat lamaaaaa sekali. Bikin boring.. hahahaha..

Smartphone itu bisa diibarat sebuah wadah dengan kapasitas tertentu tentu saja dari awal pembelian sampai dengan penggunaan saat ini kita baik sengaja atau tidak, pasti menyimpan sesuatu baik itu file gambar atau mp3 juga video. Bahkan cache yang tidak bisa kita lihat dilayar (akan dijelaskan dibawah).

Memang pada saat kita membeli pertama kali kita anggap dia canggih sekali, namun seiring dengan perkembangan jaman dan dengan semakin banyaknya aplikasi di playstore, tidak menutup kemungkinan dia juga bisa jauh tertinggal. Baik dari kualitas maupun kuantitas.

Penyebab Android Lemot dan cara mengatasinya

Aplikasi yang menumpuk di background

Disadari atau tidak, terkadang ketika kita selesai membuka suatu aplikasi kita tidak menutupnya secara sempurna. Maksudnya? Smartphone memiliki kemampuan menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan atau yang biasa disebut dengan multitasking.

Aplikasi yang telah kita buka, pada saat selesai menggunakan seringkali kita langsung menekan tombol home, yang berarti kembali ke Beranda paling luar. Hal tersebut yang mengakibatkan multitasking masih menjalankan aplikasi yang telah kita buka tadi. Tidak percaya? Sekarang coba pencet tombol Recent App (biasanya terdapat ikon segiempat bertumpuk. Jika di Samsung tombol sebelah kiri tombol Home jika yang sebelah kanan adalah tombol Back). Coba hitung ada berapa aplikasi yang sudah sobat buka dan belum ditutup?

Hal tersebutlah yang menyebabkan RAM handphone sobat terkonsumsi dan menjadi penyebab lemot. Untuk mengatasinya silakan pencet tombol recent app tersebut lalu silang aplikasi yang tidak digunakan.

Terlalu Banyak Aplikasi yang terinstall

Biasanya seseorang membeli sebuah smartphone disesuaikan dengan kebutuhan. Maka mereka akan memilih apa yang cocok untuk mereka. Namun perusahaan smartphone mempunyai spesifikasi tertentu dalam pembuatan produk terkait dengan pemasaran.

Ada handphone yang memiliki RAM tinggi namun hanya low kapasitas, ada juga yang sebaliknya. Dan kenyataan itulah yang harus dipahami oleh si pembeli.

Kembali ke persoalan, terlalu banyak menginstal aplikasi dalam smartphone yang low RAM dapat juga membuat android kita terasa lemot. Ambil contoh, apabila handphone sobat hanya mempunyai RAM 512Mb coba pasang aplikasi facebook, instagram, twitter, UCbrowser, google chrome, BBM dll maka akan terasa bagaimana lemotnya. Nunggu loadingnya saja bisa kita pakai untuk sepuas-puasnya dikamar mandi (tau ngapain) hahahahha...

Hal tersebut bisa terjadi karena aplikasi yang terinstall membutuhkan proses kinerja RAM untuk menjalankan prosesnya. Tak terkecuali aplikasi yang tidak dijalankan sekalipun. Jadi seandainya kita memasang aplikasi dan jarang atau tidak pernah menggunakannya, aplikasi tersebut juga masih memerlukan resource RAM.

Adapun cara mengatasinya adalah mengunistall aplikasi yang tidak digunakan, jangan khawatir karena lain kali kita tetap bisa menginstallnya kembali. Atau juga bisa ganti handphone dengan yang baru. (Kalo duitnya ada, ahahahhahha...) 😂

Cache yang menumpuk

Cache adalah file temporer yang dipergunakan oleh suatu aplikasi disaat dia bekerja. Semua aplikasi pasti menggunakan cache, karena fungsi dari cache sendiri adalah menyimpan data dari sebuah aplikasi agar data tersebut dapat dibuka dengan cepat tanpa proses pemanggilan pada saat pertama apikasi dijalankan.

File temporer / cache ini sendiri menyimpan semua data seperti contoh aplikasi yang terakhir dibuka, juga pada saat aplikasi bekerja (yang paling banyak biasanya game), bahkan juga file backup yang otomatis dijalankan system android.

Cara penanggulangannya adalah membersihkannya dengan aplikasi smart manager pada smartphone atau bisa juga dengan menginstall aplikasi pembersih cache / file cleaner.

Memori internal yang sudah penuh

Seperti yang dijelaskan diatas, cache merupakan file temporer yang dipergunakan sebuah aplikasi pada android pada saat dijalankan. File temporer ini sendiri juga memerlukan ruang disk yang kapasitasnya tergantung seberapa besar aplikasi tersebut membutuhkannya.

Proses dalam system smartphone tentu saja membutuhkan ruang seperti memory, apabila memory telah penuh maka bisa dipastikan aplikasi / smartphone tidak bisa bekerja secara maksimal karena tidak bisa untuk menerima / menyimpan data baru.

Untuk mengatasi hal tersebut coba untuk menambah memory dengan memasang kartu memory untuk menyimpan file-file foto, video serta mp3. Bisa juga dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghemat ruang disk.

Live Wallpaper

Mempercantik tampilan smartphone memang perlu, namun juga perhatikan masalah RAM-nya. Jangan sampai smartphone terbebani dengan tampilan keren seperti halnya live wallpaper.

Disamping membuat baterai menjadi boros ternyata live wallpaper juga membuat smartphone sobat menjadi lemot, dikarenakan RAM yang dibutuhkan juga besar.

Cara mengatasinya adalah matikan fitur live wallpaper, gunakan saja foto sendiri, atau foto keluarga atau yang lain, yang penting tidak bergerak. hehehehe... 😁

Virus

Mungkin alasan ini adalah yang paling jarang ditemui, namun jika sobat sering masuk ke situs-situs *ehem,maka faktor ini bisa menjadi pertimbangan. Tenang saja, saya cukup memaklumi karena saya juga lelaki, namun jangan salah paham ya !! 😂

Cara mengatasinya adalah dengan menginstall antivirus, namun jangan lebih dari satu jenis, karena bisa mempengaruhi kinerja smartphone, karena aplikasi antivirus disinyalir sebagai aplikasi paling boros dengan baterai dan RAM. Jika RAM sobat tidak bisa menampung maka bisa dipastikan smartphone menjadi semakin lemot.

Jika beberapa hal diatas masih belum teratasi juga, mungkin bisa dicoba untuk mematikan smartphone barang sejenak, kemudian nyalakan kembali. Kalau masih tidak bisa juga, hmm.. menurut analisa saya mungkin handphonenya perlu di... (titik-titik) hahahhaha..

Demikian informasi tentang Alasan utama penyebab Android Lemot, semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel Agung Jaka Nugraha. Wassalam.

Penyebab Android Lemot dan cara mengatasinya