thumbnail
seni tutorial

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone. Ada berbagai macam aplikasi android yang tersedia di playstore, namun bagi kalangan tertentu, hanya beberapa saja yang mungkin bisa membuat mereka bisa berkreasi "unik" dengan hasil foto yang mereka punya. Dan diantaranya adalah Snapseed yang diklaim merupakan aplikasi edit foto paling keren diantara semua. Terutama bagi yang suka mengedit foto melalui smartphone.

Terdapat banyak sekali filter yang ditawarkan yang diantaranya paling saya suka adalah efek HDR. Bagi anda para fotografer atau photoshoper pasti tahu tentang efek tersebut. Memang pertama bagi yang tidak terbiasa akan merasa kesulitan, namun tenang saja, hal itu tidak akan berlangsung lama.😊

Saya mempunyai satu contoh yang pernah saya upload di akun instagram saya, silakan check disini. Bagaimana cara membuat efek HDR di smartphone? Silakan ikuti tutorial dibawah ini.

Cara membuat efek HDR di Smartphone dengan Snapseed

Untuk memulai silakan download dulu aplikasi snapseed melalui playstore di smartphone sobat.

Buka Aplikasi Snapseed di Android sobat lalu pilih gambar yang akan diedit dengan cara seperti dibawah ini. Pada langkah 2 ketuk Gallery, kemudian jika sudah ditentukan gambarnya, silakan ketuk ikon pensil pada langkah 3.

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 1

Langkah selanjutnya silakan geser screen Android ke bawah, lalu temukan filter "Drama", kemudian pilih filter "Drama 2". Sesuaikan "tingkat filter" sesuai dengan keinginan atau merujuk pada gambar dibawah. Note : Untuk menambah atau mengurangi tingkat efek sobat bisa geser screen ke kanan (menambah) atau ke kiri (mengurangi)

Masih pada filter yang sama ketuk setting pilih Saturasi, lalu atur sesuai dengan keinginan atau seperti pada gambar dibawah. Jika sudah selesai silakan ketuk tanda checklist disamping pojok kanan bawah.

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 2

Pilih Alat "Poles Gambar" kemudian ketuk setting (disebelah bawah tengah) pilih Bayangan atur tingkat filter seperti gambar atau bisa disesuaikan sendiri. Jika selesai jangan lupa ketuk checklistnya.

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 3

Pada Alat silakan pilih "Detail" kemudian atur struktur seperti digambar, dilanjutkan dengan mengetuk setting pilih penajaman atur sesuai selera. Jika selesai ketuk checklist.

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 4

Geser screen kebawah, pada filter pilih "HDR Scape" atur seperti gambar. Atur tingkat filter struktur, kecerahan, dan saturasi seperti gambar dibawah atau edit sesuka sobat. Ketuk checklist.

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 5

Langkah terakhir sebagai finishing, kita kembali ke alat "Poles Gambar" lalu atur kontras dan saturasinya sampai seperti apa yang diinginkan. Ketuk checklist.

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 6

Selesai lalu simpan. Anda juga bisa mensharenya ke media sosial lainnya seperti facebook, twitter atau instagram.

Ini adalah hasil terakhirnya

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed 7

Demikian tutorial tentang Cara membuat efek HDR di Smartphone dengan Snapseed semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel Agung Jaka Nugraha.

Wassalam

Cara Membuat Foto Efek HDR di Smartphone dengan Snapseed