thumbnail
download pendidikan tutorial

Cara menulis aksara Jawa di microsoft word

Cara menulis aksara jawa di microsoft word

Cara menulis aksara jawa di microsoft word | Cara menulis huruf jawa di microsoft word. Tentu bagi kita para guru bahasa jawa seringkali membuat soal yang menggunakan aksara jawa sebagai pertanyaannya. Banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menulis aksara jawa di microsoft word, baik itu microsoft word 2007, 2010 atau yang terbaru 2016. Pada dasarnya sama saja, kita cukup mendownload huruf jawa yang sering disebut juga dengan Hanan font.

Menurut wikipedia, huruf Jawa yang juga dikenal sebagai huruf Hanacaraka merupakan salah satu aksara tradisional Nusantara dalam suku Jawa yang sering digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya seperti bahasa Sunda dan bahasa Sasak. Konon, huruf ini berkerabat dekat dengan aksara Bali.

Cara menulis aksara Jawa di microsoft word
Dalam sejarahnya, penggunaan aksara Jawa umum digantikan dengan huruf Latin yang pertama kali dikenalkan Belanda pada abad ke-19. Huruf ini resmi dimasukkan dalam Unicode versi 5.2 sejak 2009. Meskipun begitu, kompleksitasnya hanya dapat ditampilkan dalam program dengan teknologi Graphite SIL, seperti browser Firefox dan beberapa prosesor kata open source, sehingga penggunaannya tidak semudah huruf Latin. Kesulitan penggunaan huruf Jawa dalam media digital merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kurang populernya aksara tersebut selain di kalangan preservasionis.

Cara menulis aksara jawa di microsoft word

Pada tutorial menulis aksara jawa di microsoft word ini, saya asumsikan anda sudah mengetahui urutan dan huruf jawa itu sendiri. Baik itu huruf baku dan sandhangannya.
Baiklah, tanpa panjang lebar lagi berikut tutorial menulis aksara jawa di microsoft word.

Adapun bahan yang anda perlukan hanyalah font jawa yang dapat anda download di link berikut ini --> Download font aksara jawa
Hanya itu? Iya ^_^ just that.
Setelah selesai mendownload silakan buka file lalu klik install pada tombol sebelah kanan atas pada jendela yang terbuka.

Cara menulis aksara Jawa di microsoft word

Persiapan selesai.

Langkah berikutnya silakan buka microsoft word anda, buat file baru.
Coba anda ketikkan dengan sebuah kata --> "anlw" (tanpa tanda petik)

Cara menulis huruf Jawa di microsoft word

Silakan blok rangkaian huruf "anlw" tersebut lalu ganti huruf dengan memilih font hanan dimenu font pada microsoft word anda.

tutorial cara menulis huruf Jawa di microsoft word

Kira-kira seperti itulah cara menulis aksara jawa di microsoft word, sebagai panduan silakan lihat petunjuk keyboard dibawah ini.

petunjuk cara menulis huruf Jawa di microsoft word
Catatan : Untuk yang font atas silakan gunakan tombol shift pada keyboard komputer anda.

Untuk caranya terserah anda, boleh dengan membuat tulisan dulu dengan font lain lalu diganti hurufnya seperti cara diatas, atau langsung melihat petunjuk cara penggunaan font jawa lalu mengetiknya di microsoft word.

Namun ada yang perlu anda ingat, bahwa font aksara jawa ini hanya berlaku pada komputer yang sudah terinstall huruf jawa saja. Suatu contoh jika anda membuat soal dan ingin mencetak dokumen tersebut pada komputer lain dengan menggunakan flashdisk, anda harus menginstall font tersebut terlebih dahulu.

Demikian tutorial cara menulis aksara jawa di microsoft word semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca postingan ini, Wassalam.

Cara menulis aksara jawa di microsoft word