thumbnail
laporan tutorial

Cara Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Tips Mengetik dan mengedit Makalah dengan Cepat

Tips mengetik cepat | Tips ini merupakan salah satu dari pengalaman saya dalam pembuatan makalah atau penulisan karya ilmiah yang lain dengan menggunakan "style" di Microsoft Word. Biasanya jika seorang guru, pada saat kenaikan pangkat golongan III kita dituntut untuk membuat suatu makalah yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Terkadang kita sebagai "pengetik amatiran" (ngetik dengan sebelas jari :D ) seperti saya :D , tidak tahu bagaimana cara mengetik dengan baik, cepat dan efisien. Mengapa saya katakan efisien? Karena terkadang memang kita asal-asalan karena tidak tahu metode yang benar, kemudian hal tersebut justru menyita waktu dan biasanya membuat kita semakin pusing dan stres dengan makalah yang akan kita buat karena saking lamanya mengeditnya.

Nah, untuk itu saya akan membagikan tips yang sekiranya bisa dipraktekkan oleh para pengetik amatiran ^_^ . Sekiranya ikuti langkah-langkahnya dari awal sampai akhir, jangan lompat-lompat, yaaa !!!

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Sebenarnya yang perlu kita tekankan agar bisa mengetik dan mengedit suatu ketikan dengan cepat dan efisien hanyalah :
  1. Selalu biasakan jangan membuat ruang kosong dengan "spasi"
  2. Setiap ganti halaman untuk pergantian bab selalu gunakan "cntrl+enter"
Just it,,, ^_^ mudah, bukan??

Baiklah untuk mempersingkat waktu, kita ikuti saja tutorial mengetik dan mengedit makalah dengan cepat di bawah ini.

Tips mengetik makalah dengan cepat

1. Langkah pertama silakan membuat kerangka makalah terlebih dahulu, seperti Halaman Pengesahan, Daftar Isi, Bagian Pembuka, Pembahasan, lalu Penutup. Kemudian silakan isi bagian-bagian tersebut dengan apa yang ingin anda pada makalah tersebut.
2. Silakan isi dengan tanpa memikirkan format penulisan, maksudnya disini, silakan menulis sesuka hati tanpa berpikir tentang mana headingnya, mana sub headingnya. Tapi yang jelas ikuti saja kerangka makalah anda.
3. Jika sudah selesai, sekarang saatnya kita untuk mengedit style yang akan kita gunakan untuk merapikan makalah yang kita buat. Adapun caranya adalah seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat
Setelah itu anda akan diperlihatkan menu seperti dibawah.

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Nb. Untuk pemformatan paragraf heading 1 pada pengaturan diatas silakan klik tombol "format" dipojok kiri bawah

Untuk heading 2, heading 3 dan seterusnya silakan disesuaikan sendiri, caranya sama seperti diatas.

Mengedit makalah dengan cepat

Sekarang adalah saatnya untuk mengedit ketikan anda agar terlihat rapi. Silakan ikuti langkah berikut ini.

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Untuk langkah pertama silakan blok kata yang akan dijadikan judul (no.1), kemudian klik style dan pilih "Heading 1" (no. 2). Jika settingan anda benar maka kata akan berubah seperti dibawah ini

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Tadaaaa...!!! Bagaimana?
Rusak bukan tampilan punya anda? Hehehehe...
Anda pasti bertanya-tanya, kok contoh diatas bisa ditengah?
Tentu saja setelah kita mengeklik "heading 1" kita harus mengedit juga format penulisannya melalui menu paragraf seperti pada gambar berikut

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Agar tidak usah mengedit lagi untuk style heading 1, baik huruf dan line-height kita harus menyimpannya dengan cara berikut.

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat

Buka lagi menu style, klik tanda panah bawah pada heading 1, kemudian klik "Update Heading 1 to Match Selection". Hal ini berarti settingan ini berlaku untuk semua kata yang akan kita jadikan Heading 1 nantinya pada bab berikutnya.

Tidak hanya heading 1, heading 2 dan yang lain pun juga bisa menggunakan cara ini untuk menyamakan format.

Style tidak hanya bisa digunakan untuk mengatur heading saja, tetapi juga bisa mengatur paragraf. Atau bagi para guru pada saat membuat soal ulangan dengan model soal pilihan ganda, anda bisa membuat style sendiri untuk penulisan a, b, c an agar terlihat lurus dan rapi.

..... to be continued


Demikian tutorial mengetik dan mengedit makalah dengan cepat, semoga bermanfaat. Lain waktu akan saya buatkan tutorial kelanjutan dari tutorial ini yaitu dengan membuat daftar isi dengan cepat dengan sekali langkah. Terima kasih telah membaca postingan ini dan Wassalam.

Tutorial Mengetik dan Mengedit Makalah dengan Cepat