thumbnail
pendidikan software tutorial

Cara Mudah Membuat Aplikasi Administrasi Penilaian Kelas Dengan Ms Excell (Part 2)

Cara Membuat Aplikasi Absensi Kelas Dengan Ms. Excell

Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell kali ini adalah lanjutan dari tutorial yang kemarin sempat saya postingkan yaitu Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell untuk part 1 yang berisi tentang bagaimana cara membuat hitung otomatis dengan menggunakan rumus excell "=SUM()" untuk hitung jumlah dan "=AVERAGE()" hitung rata-rata.

Pada Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell part 2 ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat data absen dengan hitung otomatis jumlah S (sakit) I (Ijin) A (Alpha). Karena, seperti yang kita ketahui, absensi siswa merupakan hal pokok disamping buku data penilaian yang digunakan untuk mengetahui daya serap dan daya tangkap siswa terhadap pembelajaran guru. Sedangkan buku absensi siswa digunakan untuk mengetahui kondisi peserta didik untuk kesehariannya, karena itu merupakan salah satu perhatian seorang pendidik terhadap anak didiknya.

cara membuat aplikasi administrasi penilaian kelas

Cara membuat Aplikasi Absensi Kelas dengan Ms. Excell

Caranya cukup mudah jika anda mengikuti tutorial Cara membuat aplikasi absensi dengan ms.excell di bawah ini dengan seksama. Langsung saja kita praktekkan bersama. Ingat kita bisa ingat dan tahu jika kita mau mempraktekkan.

1. Seperti tutorial sebelumnya, buka Ms. Excell kemudian buat dokumen baru.
2. Buat menu Nomor Urut, Nama siswa, bulan yang nanti dibawahnya kita tulis angka 1 sampai dengan 31 untuk tanggal kehadiran, dan terakhir adalah hasil rekap yang berisi menu jumlah S, I, dan A.
Cara Mudah Membuat Aplikasi Administrasi Penilaian Kelas Dengan Ms Excell

3. Isi masing-masing kolom (terserah) dibawah menu-menu tersebut.
Cara Mudah Membuat Aplikasi Administrasi Penilaian Kelas Dengan Ms Excell

4. Kalau sudah selesai silakan klik kolom dibawah hasil rekap "S". Lalu isikan rumus "=COUNTIF(" lalu seleksi kolom bagian bawah menu tanggal 1 sampai 31 untuk nomor urut 1. Kemudian ketik " ;"S" ". Lihat gambar dibawah!
Cara Mudah Membuat Aplikasi Administrasi Penilaian Kelas Dengan Ms Excell

5. Tekan enter. hasilnya akan "0" karena dikolom sebelah kiri tidak ada huruf "S". lakukan dengan cara yang sama untuk kolom dibawah rekap "I" dengan rumus yang sama hanya saja "S" diganti "I"dan rekap "A" dengan "S" diganti "A".


Nb. untuk hari Minggu dan hari libur lainnya bisa kita beri warna merah sebagai penanda.

Demikian tutorial Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell bagian 2 ini semoga bisa bermanfaat bagi anda untuk mengerjakan administrasi kelas. Dan terakhir saya ucapkan terima kasih telah membaca postingan ini. Wassalam.

Daftar Isi Tutorial
- Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell Bagian 1
- Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell Bagian 2

Cara membuat Aplikasi Penilaian Kelas dengan Ms. Excell