thumbnail
download software tutorial

Cara menghapus adware yang membandel di komputer | laptop

Cara mengatasi adware yang membandel di komputer | laptop

Cara menghapus adware di komputer / laptop | Judul diatas dibuat bukan karena saya berniat mencari perhatian terhadap para kostumer dan korban adware yang sedang mencari solusi untuk menghapus adware di komputer maupun laptop anda sekalian, tetapi karena memang beberapa hari yang lalu saya sempat dipusingkan oleh adware yang yang sangat susah untuk dibersihkan.

Beberapa browser seperti internet explorer, mozilla firefox dan juga google chrome tiba-tiba nge-direct ke situs-situs tertentu pada waktu awal membuka homepage, namun pada masing-masing komputer biasanya berbeda situs redirectnya. Bukan hanya homepage saja tetapi mesin telusur juga berubah sesuai dengan ads-nya. Sangat mengganggu bagi saya yang biasa menggunakan google sebagai homepage sebagai alasan untuk kecepatan pencarian dan performa.

Saya coba mencari artikel di mbah google tentang cara menghapus adware, dan alhasil beberapa website menyarankan untuk memakai adwcleaner dari situs adwcleaner.id dan sudah dicoba. Memang sih pada scan pertama terdapat beberapa kejanggalan file antara lain "downchecker" yang bersembunyi di registry. Lalu saya coba untuk menghapusnya dengan software adwcleaner tersebut.

Setelah selesai menghapus maka program tersebut meminta untuk restart komputer. Kemudian saya restart, dan saya pikir telah selamat dari ancaman adware tersebut. Akan tetapi waktu saya buka kembali browser, ternyata keadaannya tetap saja tidak berubah, baik itu homepage maupun mesin-telusurnya.

Kemudian saya coba scan lagi dengan adwcleaner, dan hasilnya sama seperti scan pertama, terdapat registry "downchecker" disana. Dan kejadian itupun berulang ulang sampai beberapa kali. Langkah saya selanjutnya mencari artikel lagi, lagi dan lagi.. dan terakhir saya mendapatkan jawaban yaitu membersihkannya dengan Adware Removal Tool by TSA dan Malwarebytes Anti-Malware. Bagaimana caranya? Silakan simak tutorial berikut.
Cara menghapus adware yang membandel di komputer | laptop

Cara ampuh menghapus Adware dikomputer | laptop

Software yang anda butuhkan adalah :

Adware removal tool by TSA

Malwarebytes Anti-Malware

Adware_Removal_Tool_by_TSA
Download
Malwarebytes Anti-Malware (Home) Download

Jika anda telah selesai download kedua software diatas selanjutnya akan saya tunjukkan langkah-langkahnya.
1. Buka Adware Removal Tool by TSA. Setelah terbuka klik aja "Yes, i agree" kemudian klik "scan". Dan tunggu sampai proses scan selesai.
2. Setelah selesai scan, klik OK untuk melihat hasilnya.
3. Pada jendela baru akan tampil hasil scan. Klik "next" untuk membersihkan, lalu untuk konfirmasi klik OK.
4. Kemudian anda akan ditampilkan jendela baru "browser reset". Silakan klik "Reset Internet Explorer", "Reset Google Chrome" dan "Reset Mozilla Firefox" kemudian kalau sudah selesai silakan klik "next"
5. Klik "Finish"

Setelah selesai pada langkah sebelumnya, langkah kita selanjutnya adalah menggunakan software Malwarebytes Anti-Malware. Langkah ini untuk berjaga-jaga apabila adware disusupi oleh malware. Adapun langkah-langkahnya cukup mudah, tidak sepanjang tutorial menggunakan Adware Removal Tool. Silakan simak tutorial berikut.

Tutorial menggunakan Malwarebytes Anti-Malware.
1. Buka software Malwarebytes Anti-Malware yang telah didownload, lalu klik "Pindai Sekarang". Tunggu sampai scan selesai.
2. Finish

Demikian tutorial cara menghapus adware di komputer | laptop. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Wassalam.

Cara menghapus adware di komputer | laptop