thumbnail
other software

Aktifkan Safe Mode di Windows 8 dengan Tombol F8

Safe Mode pada OS Windows adalah keadaan di mana Windows hanya menggunakan driver dan program paling dibutuhkan untuk menjalankan Windows. Keadaan ini juga tidak akan membuat program yang di-setting secara otomatis saat Windows dijalankan akan berjalan. Safe Mode sangat berguna untuk mengatasi masalah driver hardware dan komputer yang terinfeksi virus/malware pada OS Windows. Selain itu, Safe Mode juga sangat membantu ketika ingin meng-uninstall software atau menghapus file yang tidak bisa dihapus saat Windows dijalankan dengan keadaan normal.

Jika pada versi Windows sebelumnya (Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7) cara masuk ke Safe Mode sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol F8 sebelum Windows booting dan memilih Safe Mode. Namun pada Windows 8, tombol F8 sudah tidak lagi berfungsi untuk memunculkan pilihan untuk masuk ke Safe Mode.
Sehingga jika ingin masuk ke Safe Mode Windows 8, harus dilakukan melalui Advanced startup pada PC Settings saat Windows 8 dijalankan dalam keadaan normal. Cara ini sangat merepotkan dan tidak praktis karena butuh restart berkali-kali sebelum akhirnya muncul pilihan untuk masuk ke Safe Mode pada Windows 8, terutama bagi komputer yang sama sekali tidak bisa masuk ke Windows 8 dalam keadaan normal, entah karena layar hanya blank berwarna hitam saat masuk ke Windows 8 atau lain sebagainya.

Namun, ada cara agar tombol F8 dapat berfungsi untuk memunculkan pilihan untuk masuk ke Safe Mode pada Windows 8. Berikut ini caranya:

1). Masuk ke Windows 8 dalam keadaan normal. Setelah itu, tekan tombol Windows + X (tekan dan tahan tombol yang berlogo Windows, lalu tekan tombol X, dan lepaskan keduanya), kemudian klik Command Prompt (Admin). Jika muncul jendela User Account Control (UAC), klik Yes.


2). Setelah jendela Administrator: Command Prompt terbuka, ketikkan atau copy-paste perintah berikut ini ke dalam Command Prompt, lalu tekan tombol Enter

Bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes

3). Jika berhasil, akan muncul pesan konfirmasi seperti pada gambar di bawah ini:


4). Setelah selesai, tutup jendela Command Prompt dan restart komputer kamu.

Sekarang setiap kali kamu menekan tombol F8 sebelum Windows 8 booting, akan muncul pilihan untuk masuk ke Safe Mode. Ada tiga jenis Safe Mode yang bisa kamu pilih, diantaranya:
a). Enable Safe Mode
Mode ini menjalankan Windows 8 dengan menggunakan driver dan menjalankan program yang dibutuhkan saja. Mode ini tidak termasuk menjalankan Command Prompt dan tidak bisa terkoneksi ke internet.
b). Enable Safe Mode with Networking
Mode ini menjalankan Windows 8 dengan menggunakan driver, menjalankan program yang dibutuhkan, dan bisa terkoneksi ke internet. Mode ini juga tidak termasuk menjalankan Command Prompt. Pada mode ini, kamu bisa browsing di internet dan men-download program, seperti men-download update antivirus.
c). Enable Safe Mode with Command Prompt
Mode ini menjalankan Windows 8 dengan menggunakan driver, menjalankan program yang dibutuhkan, tidak bisa terkoneksi ke internet, dan juga tidak termasuk Windows shell. Ini berarti kamu tidak akan melihat desktop, Windows 8 hanya akan menampilkan jendela Command Prompt di layar. Mode ini sangat membantu untuk membersihkan terinfeksinya virus/malware pada Windows shell atau desktop saat Windows 8 dijalankan.

Setelah kamu mengetahui fungsi dari ketiga jenis Safe Mode di atas, tekan tombol F4, F5, atau F6; kamu juga bisa menekan tombol 4, 5, atau 6. Setelah itu, Windows 8 akan masuk ke Safe Mode yang kamu inginkan.


Ketika kamu sudah selesai menggunakan Safe Mode dan ingin kembali ke Windows 8 dalam keadaan normal, tinggal restart saja komputer kamu dan Windows 8 akan dijalankan dalam keadaan normal.

Source Link