thumbnail
pendidikan software

Membuat 1ClickInstaller dari beberapa software


Adakalanya kita menginginkan sesuatu itu dengan cara instan, demikian dalam menginstal suatu software. anda pasti pernah menginstall software pelengkap di komputer anda pada saat selesai install ulang komputer. contohnya: adobe reader, firefox, dll. Dan tentu saja tidak hanya satu atau dua software yang akan anda install bukan?? :) Nah, saya mempunyai satu cara instan untuk menginstall software tersebut agar 1 kali klik langsung selesai. Penasaran? :) Lets follow my step!!

1. Buat satu folder khusus untuk pekerjaan ini supaya lebih mudah (saya namakan folder: software).

2. Di dalam folder ini buat satu folder lagi untuk menaruh file-file software yang ingin dipaketkan (saya namakan folder: data). Disini saya menempatkan beberapa software:
7zip > disingkat 7z.exe
Firefox > disingkat ff.exe
Pidgin > disingkat pd.exe
Yahoo! Messenger > disingkat ym.exe


3. Buka Notepad, kemudian panggil nama software beserta ekstensinya. Karena saya akan menempatkan file command ini di folder 'software' yg ada diatas folder 'data' maka saya harus mengetikkan dengan format: data\namasoftware.exe (contoh:data\ff.exe > untuk firefox).
Nb: Buat format ini tergantung jumlah software dalam folder "data" ke dalam notepad.

 4. Simpan file tersebut ke dalam folder 'software' dengan ekstensi .bat. Contoh 'install.bat' ; dan jangan lupa untuk mengubah baris 'Save As Type' dengan 'All Files'.


5. Nah, berarti di dalam folder 'software' kini sudah ada file install.bat sebagai pengeksekusi dan folder data yang berisi software2 yg ingin dipaketkan. disini Anda bisa mencoba mengetes file install.bat itu yg mana kalau dijalankan dia akan otomatis mengeksekusi software2 di folder data. coba saja..
tapi sampai sini saja belum menarik. kita lanjut membuat seolah ini adalah software 'beneran' dengan bantuan Winrar.

6. Arsipkan file install.bat & folder data dengan Winrar dengan memberi tanda centang pada pilihan "Create SFX archive" & "Create solid Archive" sehingga Archive name-nya berubah menjadi "software.exe".


7. Klik tab Advanced > tombol SFX options... > tab Text and icon kemudian di kotak "Text to display in SFX window" . untuk mempermanis package kita ini, silahkan masukkan icon yang diinginkan.


8. Klik OK & OK sekali lagi. Maka "software" kita sudah jadi.


selanjutnya kalau Anda sudah yakin dengan pekerjaan Anda, silahkan hapus saja file install.bat dan folder data itu & copy 'software.exe' ke dalam flashdisk.