thumbnail
pendidikan software

Shortcut Safe Remove Hardware Device di desktop


Jika kita mencolokkan media eksternal seperti flashdisk ataupun eksternal usb harddisk ke komputer atau laptop dan kemudian mentransfer data kedalamnya. apabila media ini masih dipakai oleh komputer baik sedang menulis atau membaca data didalamnya kemudian kita cabut dengan paksa tanpa mengklik “Safe Remove Hardware” (tanda panah warna hijau) maka bisa menyebabkan kerusakan data ataupun media eksternal itu sendiri.
Kita seharusnya selalu mengklik Safe remove hardware terlebih dahulu sebelum mencabut media eksternal ini untuk memastikan tidak ada kegiatan transfer data yang sedang berlangsung dilatar belakang proses. Akan tetapi kadangkala kita lupa untuk melakukan langkah ini (ataupun malas, jadi copot ajah langsung. hihihihi)
Nah untuk memudahkan kita mengklik “safe remove hardware” (biasana kecil jadi susah diklik2 kan?), gimana kalo kita buat ajah shortcut (pintasan) di desktop.
Ikuti langkah2 dibawah ini untuk membuat pintasan Safe Remove Hardware Device ke desktop:
  1. Klik kanan mouse kalian di desktop dan klik “New
  2. Kemudian pilih Shourtcut pada list yang ditampilkan.
  3. Pada kotak “Browse” Copy/Paste Perintah berikut:
  4. RunDll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL hotplug.dll
    Kemudian klik tombol “Next”
  5. Sekarang kita akan disuruh memberikan nama. Namakan pintasan ini seperti : Safe Remove USB, lalu klik tombol “Finish
  6. Selesai, sebuah ikon pintasan (shortcut) telah dibuat di desktop, klik ajah 2x sebelum mencabut USB flasdisk atau media eksternal lainnya dari port usb.
Shortcut ini sangat berguna apabila ikon safe remove nya tiba2 hilang di sistem tray (area notifikasi) windows. Trik ini bekerja pada semua Windows XP/Vista dan Windows 7.